Suara Hati

Tiga hari yang lalu sempat dikagetkan dengan sebuah tulisan dari salah seorang teman di kelas yang isinya mengenai SK pemerintah yang ‘mewajibkan’  kepada para mahasiswa baik S1, S2, maupun S3 syarat kelulusan berupa penulisan jurnal ilmiah (He, yang disoroti ini soalnya ini menyangkut karir kemahasiswaan saya). Hm, sedikit deg-degan juga. Tapi ini sangat menantang. Alhamdulillah nya, seperti sebuah penguatan, saya buka situs edukasi.kompas.com, di sana dikupas mengapa ada SK seperti itu yang dikeluarkan? Pak Djoko sebagai dirjen DIKTI mengatakan ada beberapa alasan.

1. Seorang sarjana harus memiliki kemampuan menulis secara ilmiah. Termasuk menguasai tata cara penulisan ilmiah yang baik.

2. ketika seorang sarjana telah mahir menulis ilmiah, ke depannya diharapkan tidak akan kesulitan ketika membuat karya ilmiah di jenjang selanjutnya. Djoko berharap, aturan ini dapat menciptakan kuantitas dan kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh Indonesia.

3. aturan ini sengaja dibuat untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dalam hal membuat karya ilmiah. Berdasarkan data Kemdikbud, jumlah karya ilmiah yang dihasilkan perguruan tinggi Indonesia saat ini masih rendah, hanya sepertujuh jika dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia.

Pokoknya hal ini menjadi pecut bagi para mahasiswa supaya bisa menghasilkan karya terbaiknya. Pokoknya semangat! Pasti bisa, kalau berusaha ^_^

 

 

Terutuk Mama Tercinta

Kangen luar biasa mah. Biasa nya kalau mau berangkat sekolah sudah siap telur ceplok pakai kecap. Pulang sekolah sudah siap lauk yang beragam. Nggak terasa empat tahun kuliah, hidup sendiri di kosan tanpa mama. Belajar mandiri, mulai dari urusan rumah sampai sekolah. Minggu ini detik-detik pengabdian ke sekolah. PLP. Seperti yang pernah deanti bilang, deanti ingin jadi guru. Karena guru adalah cita-cita mulia. Terimakasih ma. Mudah2n segera deanti bisa lulus, supaya bs segera kumpul lagi. Amien. I miss U, Mah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s